SEJARAH SINGKAT

SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS SEMARANG, merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta di Kota Semarang terletak di Jalan Brigjen Katamso 49 Semarang, berdiri sejak tahun 1997 di bawah naungan YAYASAN PANGUDI LUHUR. Bangunan sekolah ini dulu merupakan bangunan sekolah dasar PL Tarcisius, bahkan pernah digunakan sebagai poliklinik saat terjadi pertempuran lima hari di Semarang. Seiring dengan tuntutan masyarakat, maka Yayasan Pangudi Luhur merelokasi SD PL Tarcisius ke Mutiharjo untuk melayani pendidikan dasar masyarakat sekitar Kaligawe.
Setelah meluluskan pertama kali pada tahun 1999 dengan menginduk ke SMK Negeri 9, tahun 2000 mengajukan akreditasi dan berhak menyandang status akreditasi DISAMAKAN, sebuah pengakuan dan penghargaan terhadap kinerja Yayasan Pangudi Luhur dengan jajarannya yang sungguh serius mendampingi kaum muda agar dapat berkembang menjadi PRIBADI yang tangguh, unggul dan berbudaya.  Pengakuan dan penghargaan berlanjut dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Propinsi Jawa Tengah dengan memberikan status terakreditasi 'A' untuk kedua program keahlian yang dimiliki oleh SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS - SEMARANG, yaitu program keahlian Akuntansi dan Administrasi Perkantoran pada tahun 2006.
Perubahan-perubahan menuju ke arah yang lebih baik dilakukan oleh pemerintah dengan perubahan kurikulum.  Dari kurikulum 1994, kurikulum 1999. Kurikulum SMK edisi 1999 dikembangkan dengan program Competency Base Curicullum dan Curicullum Base Training yang berorientasi pada Curicullum Base Product.
Kepercayaan masyarakat dan pemerintah kepada SMK PL Tarcisius Semarang selalu diperhatikan, sehingga pada penilaian yang kedua dari pemerintah, SMK PL Tarcisius mendapat status TERAKREDITASI 'A'. Puji syukur pada Tuhan sampai saat ini SMK PL Tarcisius semakin berkembang dan berbenah terus menerus menuju pelayanan yang prima bagi masyarakat yang membutuhkan. Dan sekarang ini mempunyai kelas paralel sejumlah 17 kelas. PUJI TUHAN dan TERIMA KASIH  kepada sernua pihak yang telah berperan dalam karya pelayanan pendidikan ini.
SMK PL Tarcisius memiliki slogan "Tanggul Budaya" yang diambil singkatan dari (Tangguh, Unggul dan Beriman) yang didalamnya memiliki arti sebagai berikut